Program Kerja

PROGRAM KERJA BMT AL MUJAHIDIN TAHUN 2009
A. Bidang Keuangan
a. Pada akhir Desember 2009, asset kita upayakan dapat mencapai Rp. 8.000.000.000 (delapan miliard rupiah ), berarti kita targetkan ada kenaikan 100% dari nilai asset Desember 2008
b. Pada Akhir Desember 2009 total Pembiayaan yang diberikan kepada anggota dapat mencapai Rp 6.500.000.000 ( enam miliard lima ratus ribu rupiah) atau naik 100 % dari total pembiayaan pada Desember 2008
c. Pendapatan yang akan kita capai pada bulan Desember 2009 akan kita upayakan dapat mencapai Rp. 120.000.000 (seratus dua puluh juta rupiah).
d. Bahwa SHU yang akan di capai pada tahun 2009 adalah sejumlah Rp. 28.000.000 (duapuluh delapan juta rupiah), atau naik lebih dari 90 % jika dibandingkan SHU Desember 2008.
e. Tiap Kantor Kas pada akhir tahun 2009, dapat meraih funding, lending dan pendapatan minimal 20 % dari total funding, lending dan pendapatan BMT secara keseluruhan.

B. Bidang Kelembagaan
a. Pada akhir Desember 2009 sudah ada minimal 1 lembaga pemerintah yang dapat bekerjasama dengan KSU BMT Al Mujahidin, untuk simpanan dan pembiayaan.
b. Pada akhir 2009, kerjasama dengan lembaga keuangan lain masih akan kita lanjutkan, namun perlu adanya pembatasan nilai pinjaman, kita merencanakan pembiayaan dari lembaga keuangan lain tidak lebih dari 25 % dari total asset yang di miliki KSU BMT Al Mujahidin, agar simpanan dari anggota dapat terus untuk diupayakan.
c. Promosi untuk kegiatan dan event keagamaan akan dilakukan secara periodik dan berkesinambungan, sebagai wujud perhatian yang besar dari BMT untuk dakwah dikalangan masyarakat.
d. Adanya standart operasional prosedur pekerjaan (SOPP), yang membuat tugas dan pekerjaan setiap karyawan makin jelas dan terarah yang diatur dalam Anggaran Rumah Tangga KSU BMT Al Mujahidin.
e. Bahwa seluruh anggota luar biasa akan ditertibkan kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi, untuk lebih baiknya kondisi keanggotaan KSU BMT Al Mujahidin, dengan membayar simpanan pokok yang sebesar RP. 10.000, yang dapat diangsur dalam jangka waktu maksimal 3 bulan, dan simpanan wajib Rp.2000, setiap bulan, serta menandatangani dan cap tiga jari buku anggota, hal ini mengingat kemajuan secara fisik lembaga juga harus diikuti kualitas administrasi didalamnya .
f. Mengadakan bhakti sosial di lingkungan KSU BMT Al Mujahidin, untuk manula, keluarga miskin dan anak yatim, sebagai wujud kepedulian yang besar KSU BMT Al Mujahidin kepada kaum dhuafa, yang akan dilaksanakan 1 kali tiap tahun menjelang hari raya Idul Fitri.
g. Meluncurkan produk pembiayaan tanpa jaminan, untuk pembiayaan di bawah Rp. 500.000, Sebagai wujud kepedulian kita pada yang mikro aspek kelayakan pembiayaan, karana kita tumbuh dan berkembang dari pengusaha mikro, dengan berdasarkan kriteria yang diatur oleh Anggaran Rumah Tangga KSU BMT Al Mujahidin.
h. Audit eksternal menjadi program yang akan dilaksanakan pada tahun 2009, karena setiap koperasi maupun lembaga keuangan yang sudah memiliki jumlah asset di atas
i. Miliard maka berkewajiban melakukan audit eksternal oleh lembaga akuntan publik, hal ini juga untuk meningkatkan nilai kepercayaan lembaga dimata masyarakat.

C. PENGEMBANGAN USAHA
a. Bahwa dana TKI sangat potensial untuk digali, karena sebagian dari mereka selama ini banyak yang mengendapkan dananya diperbankan dengan waktu yang cukup lama sehingga dengan pendekatan yang baik kita harapkan dana – dana mereka dapat kita peroleh, hal ini dapat di upayakan melalui pembiayaan untuk keberangkatan tenaga kerja keluar negeri, yang nilainya maksimal Rp. 5.000.000, dengan tetap mewajibkan agunan yang bernilai ekonomis mencukupi, baik berupa tanah maupun kendaraan.
b. Pembiayaan yang selama ini dengan akad murabahah khususnya sepeda motor yang selama belum secara khusus kita tangani, padahal hal ini cukup mendapatkan respon yang baik oleh para anggota, dengan biaya angsuran yang bersaing dengan lembaga pembiayaan motor, /leasing kita optimis mendapat tempat di masyarakat, bahkan pembelian rumah, elektronik, furniture dan barang kebutuhan rumah tangga lainnya.
c. Kantor kas akan kita jadikan ujung tombak promosi kita di wilayah yang jauh dari kantor pusat, sehingga KSU BMT Al Mujahidin akan makin dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang lebih luas dan sebagai wujud pelayanan prima untuk anggota.
d. Pembayaran rekening listrik akan kita usahakan pada tahun 2009, dapat kita wujudkan, karena dari banyaknya keinginan anggota, agar selain rekening PDAM, Rekening Listrik juga bisa dibayarkan melalui KSU BMT Al Mujahidin.

D. BIDANG KESEJAHTERAAN
a. Nilai / gaji pendapatan akhir tahun 2009, semua pengelola KSU BMT Al Mujahidin sudah mendapatkan gaji di atas UMK.
b. Program Wisata untuk pengurus, pengelola dan anggota KSU Al Mujahidin dirasakan perlu kita programkan, karena ditengah rutinitas sehari-hari perlu adanya penyegaran fisik dan psikis, kedekatan di antara pengurus dan pengelola dapat diupayakan terwujud lewat acara seperti ini.
c. Santunan untuk anggota KSU BMT Al Mujahidin, akan kita tingkatkan bukan hanya suami / istrinya saja tapi anak-anak dari anggota KSU Al Mujahidin juga akan mendapatkan hak yang sama sebagai wujud nyata ikatan yang kuat diantara KSU BMT Al Mujahidin dengan anggotanya dan keluarganya.

E. BIDANG SUMBER DAYA MANUSIA
a. Mengadakan pelatihan / training Intern setiap bulan, dan training ekstern yang di selenggarakan ditingkat kabupaten maupun propinsi, untuk senantiasa meningkatkan kemampuan pengelola dalam proses kerja sehari – hari.
b. Study Banding ke BMT yang berkualitas akan menjadi agenda tahunan, untuk makin meningkatkan kualitas lembaga dan SDM, sehingga akan memunculkan rasa optimis pengelola dan pengurus bekerja lebih baik.
c. Kajian rutin baik umum maupun ekonomi syariah akan terus kita lanjutkan, agar pengelola BMT Al Mujahidin, bukan hanya cerdas dalam bekerja, tapi juga mantap dalam beribadah

F. PROGRAM SYARIAH
a. Dengan makin memungkinkannya proses pembelian kebutuhan anggota melalui KSU BMT Al Mujahidin, maka penerapan akad murabahah dapat makin kita sempumakan, sehingga KSU BMT Al Mujahidin dapat langsung menjual barang kepada anggota, dan anggota mengangsur ke KSU BMT Al Mujahidin.
b. Mengadakan pelatihan ekonomi syariah untuk mitra usaha KSU BMT Al Mujahidin, hal ini untuk dapat terwujudya pelaksanaan praktek ekonomi syariah, karena dalam hal ini bukan hanya KSU BMT Al Mujahidin yang dituntut mengerti ekonomi syariah, mitra usaha pun diarahkan untuk paham tentang ekonomi syariah karana bertransaksi adalah dua pihak, bukan sepihak saja.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s