Profil

KSU BMT AL MUJAH1DIN
Kantor Pusat: Jl. Sadang No 6 Telp/Fax (0282)546040, Gumilir, Cilacap
GAMBARAN UMUM

A. Latar Belakang
Sebagai lembaga dakwah yang telah berkiprah sejak tahun 1985, Yayasan Al Mujahidin memandang Dakwah ekonomi Islam/ syariah adalah sesuatu yang sangat penting, kalau selama ini media dakwah melalui lembaga pendidikan, baik Madrasah Dinniyah maupun TK. BMT dirasa wadah yang tepat untuk mewujudkan misi tersebut. Karena pengusaha mikro menjadi sasaran utama dalam gerakan dakwah ini. Diharapkan kehadiran BMT yang ramah, luwes dalam layanan & prosedur, serta tampilan yang santun, menjadi sebuah modal berharga untuk bisa diterimanya BMT di tengah lingkungan masyarakat. Kehadiran BMT seakan menjadi oase penyegaran bagi pedagang kecil ditengah hirukpikuknya lembaga keuangan maupun rentenir yang selama ini ada disekitar mereka. Walaupun awal – awal muncul BMT dan produk- produknya masih dirasakan asing ditelinga kaum pedagang, namun dengan upaya dakwah yang terus menerus dari para pengelola makin mempercepat diterimanya BMT di tengah – tengah mereka. Sehingga kata – kata mudharabah, tnurabahah, ijarah, dan yang lainnya sudah mulai familiar dalam keseharian mereka. Sistem layanan jemput bola yang menjadi ciri khas BMT menjadi hal yang sangat berguna bagi para pedagang, yang tidak perlu untuk meninggalkan aktifitas usaha mereka. Karena selain menerima pembiayaan BMT juga menyediakan produk simpanan untuk memasyarakatkan gemar menabung, baik simpanan untuk kebutuhan sehari- hari maupun simpanan untuk kebutuhan ibadah, seperti Simpanan Qurban, Haji, Walimah dan lainnya
B. Sejarah dan Dasar Hukum
BMT Al Mujahidin didirikan pada tahun 2000, tepatnya pada tanggal 17 Januari 2000 , pada saat itu pengelolanya baru 3 orang, yaitu Ibu Tri Winarti, S.Sos sebagai Manajer, Ibu Agustyaningsih sebagai jura buku, dan ibu Utriningsih, sebagai marketing. Dengan menempati ramah bapak Nawali di Jalan Sadang, dengan segala keterbatasan peralatan dan fasilitas lainnya ketiganya mamulai perjalanan BMT Al Mujahidin, modal awalnya masih di bawah 1 juta. Pasar menjadi media utama pelayanan, bahkan hingga saat ini, mengingat pergerakan ekonomi sangat dinamis di tempat itu. Tahun 2002, terdorong untuk mengembangkan BMT lebih baik lagi, dilakukan pergantian manajer dari ibu Tri Winarti kepada Bapak Nawali Abdul Jalil. Kerja keras dan upaya yang gigih tak kenal lelah membawa BMT Al Mujahidin dibawah Bpk. Nawali mencapai kemajuan yang diharapkan. Dan pada tahun 2008 terjadi kembali pergantian manajer, dari bapak Nawali kepada Bapak Kawan Budiarto, kesemuanya itu merupakan upaya BMT Al mujahidin untuk terus berkembang dan mengenalkan ekonomi islam di tengah masyarakat.
Dasar Hukum BMT saat ini menggunakan UU NO.25 Tahun 1992 tentang perkoperasian, karena belum adanya payung hukum untuk BMT, maka saat ini BMT berbadan hukum Koperasi, yang secara resmi badan hukum koperasi peroleh BMT Al Mujahidin sejak tahun 2002.

VISI

Menjadi Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai syariah, Memberi manfaat bagi umat menjaga amanah yang diberikan respect terhadap segala persoalan dan bertanggung jawab pada tugas yang diemban.

MISI

  1. Turut berjuang membangun ekonomi ummat islam yang berdasarkan syariat dan bebas riba
  2. Membangun ekonomi ummat agar lebih kuat dan mandiri melalui kegiatan simpanan dan pembiayaan yang di laksanakan secara syariah.
  3. Membangun pengusaha mikro yang mandiri, jujur, dan bersyariah.

MOTTO

Membangun ekonomi ummat meraih untung tanpa riba

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s